Pertanyaan-pertanyaan yang bisa membantumu dalam proses desain
Bertanya harus menjadi kebiasaan seorang designer. Kenapa harus bertanya?, karena dengan bertanya akan membantu untuk mencari inti permasalahan (root cause problem).
kenapa seorang designer harus mencari tahu inti permasalahan?
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang pernah saya ajukan sewaktu membuat produk atau fitur.
Mungkin beberapa pertanyaan dibawah ini tidak relevan dengan project yang sedang Anda kerjakan, Tapi semoga ini bisa dijadikan sebagai referensi.
Ketika Klien/Stakeholder meminta untuk membuat sebuah dashboard. Maka berikut beberapa pertanyaan yang saya ajukan.
Apa tujuan dibuatnya dashboard ini?
Jawaban: untuk menampilkan data-data transaksi, mengatur data barang, menambah barang, mengupdate harga.
Siapa yang akan menggunakan dashboard ini?
Jawaban: orang-orang dari internal perusahaan
Bisa dijelaskan lebih rinci mengenai orang-orang yang akan menggunakan dashboard ini?
Jawaban: Orang bagian finance, orang bagian supply, orang bagian marketing
Bisa dijelaskan mereka akan ngapain dengan dashboard ini?
Jawaban: Orang bagian finance akan memeriksa transaksi penjualan, orang bagian supply akan melihat ketersediaan barang, orang bagian marketing akan melihat data data barang yang terjual.
Apakah orang Finance boleh melakukan apa yang bisa dilakukan oleh orang bagian supply, seperti menambah barang misalnya
Jawaban: Tidak, orang Finance hanya bisa melihat data barang saja. Tapi yang bisa menambah data barang hanya orang supply
Oh oke, Jadi ada perbedaan hak akses antar role untuk setiap menu?
Jawaban: Iya, benar
Sampai disini saya mendapat info seperti berikut:
Ada sebuah project dashboard, dimana fungsi dashboard ini adalah untuk melihat data transaksi, mengatur data barang, dan melihat data barang-barang yang terjual
Akan ada 3 orang dengan role yang berbeda yang akan menggunakan dashboard ini. Yaitu Finance, Supply dan Marketing
Setiap role memiliki hak akses yang berbeda. Ada yang bisa menambah data dan ada yang hanya bisa melihat data.
Setelah itu apa yang akan saya lakukan?
saya akan ngobrol dengan orang Finance, orang supply dan orang marketing. untuk mengetahui kebutuhan dari masing-masing role.
Dan mencari tahu bagaimana dashboard ini bisa membantu mereka dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari.
“Ingat, bahwa design yang baik adalah design yang mengutamakan user. Pada kasus kali ini, orang yang akan memakai dashboard ini adalah orang Finance, Supply dan Marketing. Sehingga cara paling mudah untuk mengetahui kebutuhan mereka atau data apa saja yang mereka butuhkan adalah dengan ngobrol dengan mereka.”
Mendesain tidak sekedar membuat sebuah tampilan
Proses desain memang tidak sekedar membuat sebuah tampilan User Interface (UI) saja. Tapi jauh sebelum itu, sebagai designer kita harus tahu betul design seperti apa yang akan kita buat dan kenapa design nya harus seperti itu.
Misal, salah satu fungsi dashboard tadi adalah mengelola data barang yang akan dilakukan oleh orang supply.
Maka kita harus menggali sebanyak-banyaknya info dari orang supply tersebut. Data apa saja yang perlu dilihat, data apa saja yang perlu ditampilkan.
Berangkat dari informasi yang dikumpulkan, kita akan semakin terarah saat membuat design nya.
Sebagai designer, jangan pernah takut untuk bertanya. Ajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan informasi yang bisa membantu dalam proses pembuatan desain
PS: Apakah artikel ini cukup membantu?, jika artikel ini belum cukup membantu, silahkan menulis di kolom komentar hal apa saja yang bisa ditambahkan agar artikel ini lebih baik lagi :)
Komentar
Posting Komentar