Beberapa Tips agar komunikasi dengan klien berjalan lancar.
“Komunikasi ke klien itu enggak harus menunggu pekerjaan selesai. Malah sebisa mungkin dilakukan terus menerus. Karena gua rasa design bukan hanya deliver things tapi juga proses — Thomas Budiman”
2. Jika ada masalah atau hambatan, langsung beritahu ke klien
Listrik rumahmu padam?, langsung beritahu ke klien. Ada kendala dengan laptopmu?, langsung beritahu ke klien. Hehhee… itu tadi cuma contoh-contoh lebay.
Tapi poin nya adalah jika kamu mengalami hambatan dalam mengerjakan design atau apapun, langsung beritahu ke klien.
Dari situ klien bisa mengetahui apa kendalanya, jadi jika saat itu tidak bisa ditemukan solusinya. Klien bisa segera membuat rencana B agar project nya tetap berjalan dengan lancar.
3. Give low expectation, Deliver more
Jika kamu merasa bisa mengerjakan task A,B,C dalam 7 hari. Maka katakanlah ke klien bahwa kamu bisa mengerjakannya dalam 10 hari.
Lalu yang 3 hari mau males-malesan?. Hehhehe.. bukan. 3 hari adalah antisipasi jika kita menghadapi sesuatu yang tidak kita duga di saat tengah tengah proses pengerjaan. Dan jika ternyata kita bisa mengerjakannya dalam 7 hari, maka itu akan menjadi poin plus untuk kita :)
Satu hal yang perlu diingat adalah jangan sampai memberikan ekspektasi berlebih hanya karena ingin klien senang. Karena, itu nanti bisa menjadi blunder. ketika ternyata kita tidak bisa men-deliver sesuatu yang kita janjikan.
Itu tadi adalah beberapa tips agar komunikasi dengan klien lancar, Punya tips lainnya? Share yuk di kolom komentar :D
Terima kasih :)
Komentar
Posting Komentar